PGSD

Format Penulisan Makalah, Paper dan Artikel

Apa saja Format Penulisan Makalah, Paper dan Artikel secara umum? Satu hal yang sangat penting untuk selalu diingat ialah: segeralah menulis di saat permasalahan ditemukan. Kalau permasalahan tersebut tidak segera ditulis akibatnya akan semakin kabur dan lama-lama hilang. Akhimya kegiatan menulis karya ilmiah menjadi terkatung-katung lagi. Alangkah baiknya menginventarisir banyak permasalahan. Dari inventarisasi itu, pilihlah satu atau dua yang memiliki daya tarik paling kuat, kemudian kembangkan dua atau tiga buah topik yang bisa dibahas menjadi sebuah tulisan ilmiah.

Format Penulisan Makalah, Paper dan Artikel


Format Penulisan Makalah, Paper dan Artikel secara umum adalah sebagai berikut
  1. Judul
  2. Pendahuluan/Latar Belakang Masalah
  3. Permasalahan/ Rumusan Masalah
  4. Kajian Teori
  5. Pembahasan
  6. Kesimpulan
  7. Saran
  8. Penutup
  9. Daftar Pustaka

Kalau topiknya telah dirumuskan, maka bangunlah kisi-kisi (outline) pembahasannya untuk masing-masing topik. Dari kisi-kisi itu akan kita lahirkan secara detail pembahasan yang bisa mengikuti pendekatan ilmiah seperti yang telah kita kemukakan di muka. Dalam membangun kisi-kisi itu harus memperhatikan alur pikir dan logika yang runtut dan sistematis. Jangan sampai memiliki outline yang logikanya melompat-lompat, apalagi jungkir balik. Demikianlah format penulisan makalah, paper dan artikel secara umum. semoga bermanfaat. Salam Ilmu PGSD

Related

Materi Kuliah 8348901601611288933

Post a Comment

emo-but-icon

Berlangganan Artikel Ilmu-PGSD

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kata Mutiara Guru

Barang Siapa Berani Mengajar....
Ia Tak Boleh Berhenti Belajar....

ilmudesain.com

Ilmu-PGSD

Ilmu-PGSD adalah Portal/Blog Pusat Informasi dan berbagi pengalaman tentang Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang penulis kumpulkan berdasarkan pengalaman, materi ajar, penelitian, eksplorasi informasi untuk kemajuan pendidikan khususnya pada jenjang sekolah dasar. Semoga dapat berbagi pengalaman dan materi ajar untuk teman-teman dan adik-adik angkatan generasi muda guru Indonesia yang sedang menempuh Perkuliahan PGSD dimana saja untuk diberikan kepada anak-anak didik generasi penerus bangsa. Salam PGSD.

News

Popular

Popular Posts

Blog Archive

Statistic

Total Pageviews

item